Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Tuesday, July 26, 2005

Cahaya Serpong Diesel

Date: Friday 22 July 2005 12:05
From: "Deri Haroen" <deri@ksl.ntt.net.id>

lewat jarum aja deh ... siapa takut ...
Cahaya Serpong Diesel tel 021-5384674
sparepart apapun sampai injection pump bulat tersedia
om Ivan pernah ambil selenoid disana ...

Monday, July 18, 2005

Euro V & asap ngebul

Subject: [panther-mania] Euro V & asap ngebul
Date: Monday 18 July 2005 10:24
From: "hinotantiyo"
To: panther-mania@yahoogroups.com

Mungkin dalam benak banyak orang selalu menghubungkan mobil diesel
dengan asap ngebul & tebal ; Dalam kondisi seperti di Indonesia yang
kualitas bahan bakar dieselnya sangat rendah dan punya kandungan
Sulfur sangat tinggi hal ini memang ada benarnya...;apalagi regulasi
Euro belum
meneyentuh ke kendaraan diesel ;

Di Eropa yang sangat "concern" terhadap lingkungan; regulasi Euro sudah
mulai masuk Euro IV tahun ini (2005) sedang regulasi Euro V direncanakan
baru dimulai tahun 2009 .....;

"cumi-cumi".....;suatu saat tinggal jadi "sejarah" nampaknya.....;
adalah Particulate Matter senyawa emisi khas mesin diesel yang
menyumbang muncul-nya sicumi-cumi ; PM ini dalam ukuran lebih besar &
jumlah lebih banyak ada pada mesin diesel ; dalam ukuran lebih kecil &
jumlah lebih sedikit ada pada mesin gasoline ; Ada penilitian bahwa PM
yang berukuran besar lebih cepat mengendap/turun dan yang berukuran
kecil cenderung lebih gampang beterbangan diudara & terhirup dalam
paru-paru ; Jadi mana yang lebih berbahaya.............

Teknologi yang terus berkembang membuang kandungan PM dalam emisi
buang mesin diesel makin turun dan mendekati nol ; Dalam Euro I(1992)
PM max 140 mg/km ; Euro II(1996) PM max 80 mg/km ; Euro III(2000)PM
max 50 mg/km ;Euro IV(2005) PM max 25 mg/km dan yang fantastis pada
Euro V (2009) PM max tingga 1/5 nya jadi 5 mg/km .............Batas
ini sama persis dengan yang diterapkan pada mesin Gasoline !!!!

Apakah mungkin (kalau dilihat dari Euro 1 ke Ero V ;emisi PM sudah
turun 96,4 % !!!!) ; Toyota Corolla Verso 2.2 D 4D sudah di jual di
Jerman Juni 2005 dengan emisi lolos Euro V (Pada saat kendaraan lain
masih berjuang lolos Euro IV) ;Suatu prestasi luar biasa dari Toyota &
suatu pembuktian bahwa emisi mesin diesel bisa ditekan mendekati nol..

Dengan kondisi Euro V ; emisi PM 30 mobil diesel yang sudah Euro V =
dengan emisi PM 1 mobil diesel yang Euro I......(Fantastis!!!)

Pada saat yang sama mobil gasoline masih membuang 30% Carbondioxide
& 100 % Carabon monoxide lebih banyak dari diesel car...........;

Sorry OOT/Koreksi kalau salah

Regards

Hino

Isuzu & GM

Subject: [panther-mania] Isuzu & GM / OOT
Date: Thursday 14 July 2005 10:18
From: "hinotantiyo"
To: panther-mania@yahoogroups.com

Pernah dengar hubungan antara Isuzu dgn General Motors ?? Pada tahun
1971 32,4 % saham Isuzu di beli GM ;seiring dengan makin buruknya
kondisi financial Isuzu ; kepemilikan GM naik terus menjadi 49% pada
tahun 1999 ;Pada masa itu kerugian Isuzu makin besar.....
"cohabitation" ini berjalan untuk seluruh dunia ; Isuzu men supply
mesin diesel untuk perusahaan dalam grup GM (Chevrolet,Saab,Holden
dll) pada saat bersamaan mobil Isuzu di pasang mesin gasoline (untuk
market Amrik)
dan dipasarkan disana (Isuzu Ascender,Rodeo,Axiom dll)

Tititk balik terjadi tahun 2000 an ; kebangkitan penjualan mobil
diesel secra global membuat kondisi jadi berubah secara
revelusioner.......

Isuzu (Poland) yang buat mesin diesel sangat sukses dalam penjualan
mesin diesel kecil untuk market Eropa ; Isuzu ( Thailand ) mengalami
"booming" penjualan single & double cab(s) dan menguasai 25% market
share mobil disana .....; Harga saham Isuzu naik dari cuma Yen 50 per
saham (2002) jadi Yen 345 per saham (2004) ;

Padahal pada saat yang bersamaan saham GM masuk kelas "Junk" (sampah) ;
karena performa finasial turun terus...........;

Secara gradual Isuzu lalu membeli lagi "share"nya dari GM; tahun 2002
share GM tinggal 12% ; tahun 2004 turun lagi jadi 9% dah rencana tahun
2007 saham GM di Isuzu sudah 0%

Drastis memang ; bahkan dalam kondisi kesulitan finansial seperti
sekarang ada harapan agar Isuzu ganti bisa menyelamtakan GM !!!!

Isuzu dilain pihak profit & total sales nya naik terus 3 tahun
berturut-turut ; menguasai market truck & bus secara global ;
Diluar itu penjual D-Max secara global sudah mencapai angka yang
fantastis ; ditargetkan 320 000 unit per tahun !!
Isuzu Thailand - punya performa yang luar biasa; D-Max sudah menjadi
global best seller D-cabs sementara MU 7 mulai dipasarkan sebagai
"genuine SUV" from Isuzu (tanpa keterlibatan GM) sekarang sudah no.3
di Thailand dibawah Fortuner..........;

Dampak buat Isuzu di Indonesia ?? berpisahnya GM dgn Isuzu membuat
Isuzu harus men "develop" mobil sendiri (tanpa kerjasama dengan GM
lagi seperti pada Panther Kapsul) ........Akankah lebih baik ???

Dari keberhasilan Isuzu Thailand tampaknya Isuzu lebih sukses kalau
jalan sendiri / tanpa bantuan GM...........;

Apakah ini karena GM kurang cepat bereaksi pada perubahan market mobil
yang cenderung lebih hemat energi (hybrid,diesel) ??

Apakah juga pertanda makin "sunset" industri mobil gasoline
konvensional ???

Dari berbagai sumber/maaf kalau ada yg kurang berkenan/koreksi kalau salah

Regards

Hino

Palm Biodiesel : Peluang & Ancaman

Subject: [panther-mania] Palm Biodiesel : Peluang & Ancaman/OOT
Date: Monday 18 July 2005 07:30
From: "hinotantiyo"

Dear All ;

American Soybean Association & National Biodiesel Board sudah mulai
pasang ancang-ancang untuk mem proteksi market dari anacaman
membanjirnya palm oil yang lebih ekonomis untuk bahan bakar biodiesel ;
Selengkapnya baca di :
http://www.greencarcongress.com/2005/07/us_biodiesel_an.html#more

Dengan share 40% produksi CPO tahun 2004 dengan produksi sekitar 12,5
juta ton ; Indonesia berpeluang menjadi penghasil No.1 CPO dalam 3-5
tahun mendatang .............;

Produktivitas yang tinggi dari CPO membuat CPO bisa dibudidayakan dengan
"value added" yang lebih baik dari sumber minyak nabati lain .......

Pada tahun 2010 ; Di Eropa ditargetkan 5,75% Bahan bakar yang dijual
disana sudah berasal dari "bio fuel" & karena kekurangan pasokan
sekitar 20% biodiesel yang ada akan berasal dari bahan baku Palm Oil
yang di import dari Malaysia & Indonesia ...........

Harga dipasar bebas bahan bakar diesel sudah berkisar Rp 4500-5000 lt
Kebutuhan diesel fuel di Indonesia mencapai lebih dari 26-27 juta kilo
liter per tahun (60% persen untuk transportasi,sisanya untuk industri)
Dari jumlah itu sekitar 8 juta kilo liter masih harus di import yang
cenderung menguras devisa negara..........

Harga CPO yang cukup murah (konon harga average Astra Argo Lestari
kwartal 1 2005 cuma sekutar Rp 3200/kg atau atau cuma Rp 2800/lt)

Dengan harga seperti itu; bila diberi insentif seperti "tax holiday"
dan bebas PPN ;maka harga Palm-Biodiesel akan lebih murah dibanding
harus mengimport solar dari luar negeri (yang masih bersulfur tinggi ;
aromatics tinggi & cetane number rendah).............;

Dengan adanya Biodiesel ; CPO akan menjadi komoditi yang sangat penting ;

Di Perancis perusahaan minyak (Total,Fina,Elf) yang ada bekerja sama
dengan perusahaan penghasil Rapeseed-Biodiesel (Diester Industrie)
dengan membeli biodiesel yang dihasilkan untk dicampurkan dengan Ultra
Low Sulfur Diesel Fuel disana.......;Perusahaan minyak tidak perlu
menambahkan "lubricative additive" (yang memang mutlak diperlukan pada
ULSD Fuel) ;emissi buang lebih bersih, ada pengurangan pajak karena
pakai bio fuel ;& asap yang dihasilkan oleh "French-cocktail-diesel
Fuel" konon beraroma "French Fries";dan bisa menghemat import bbm....

Akankah kesempatan besar ini dimanfaatkan oleh Indonesia??
Akankah Indonesia menjadi Produsen Biodiesl terbesar & terekonomis di
dunia ??

Semoga

Sorry OOT/Koreksi kalau salah

Regards

Hino

Solar industri ex Kuda Laut Medan 100%

Subject: [panther-mania] Re: OOT: Solar industri ex Kuda Laut Medan 100%
Date: Saturday 16 July 2005 07:46
From: "hinotantiyo"

Harga di dasarkan dari Pasar Fuel di Singapore ; Pada saat harga
minyak bumi US $ 60 per barrel ;harga diesel fuel nya akan sekitar US$
70 per barrel(Rp 4325/lt) ; ditambah biaya transportasi &distribusi
dll ketemu harga itu...............;
Bila memungkinkan untuk industri akan jauh lebih efisien pakai Gas
atau mau lebih murah lagi pakai Coal(batubara);
Solar DEX /Solar Plus mungkin akan dikilang di kilang Dumai-Riau
dengan kapasitas terbatas 5-10 kiloliter per hari & cuma dijual
disekitar Jakarta pada awalnya ........;
Soal harga sih pernah muncul angka Rp 3 900/liter ;sedikit dibawah
harga Pertamax ;cuma ngga tahu kelanjutannya.........
Dihampir semua negara (dengan pengeculian terutama di U.S. &
U.K.)harga gasoline adalah 5-10% lebih tinggi dari harga diesel ;
Biaya yang dikeluarkan untuk menaikkan Octane Number (yang di
Pertamina harus ditambahkan dalam jumlah besar HOMC/High Octane Mogas
Component) cukup besar bila dibanding biaya buat solar plus.......;
Dengan kondisi sekarang pun harga Pertamax & Pertamax Plus seharusnya
sudah Rp 5000-Rp 6000 bila mengikuti harga pasar international

Koreksi kalau salah
Regards

Hino

Friday, July 01, 2005

The New Diesel Cars "Booming" in U.S.A./OOT

Subject: [panther-mania] The New Diesel Cars "Booming" in U.S.A./OOT
Date: Friday 01 July 2005 07:25
From: "hinotantiyo"

Ada 2 kawasan market mobil terbesar di dunia yang menjadi "trendsetter"
penjualan mobil secara global : European Community (EU) yang
beranggotakan 25 negara & tentunya United States of America yang
terdiri dari 50 states ; kedua pasar raksasa ini menyerap penjualan
13-14 juta mobil per tahun ;
Seperti diketahui di Eropa tahun 2004 ; 48% mobil yang terjual sudah
bermesin diesel ;trend ini akan meningkat terus ,diperkirakan menjadi
60% pada tahun 2009 saat regulasi Euro 5 di berlakukan ;

Berbeda dengan si "Super Power" ;Amrik ; share mobil diesel masih
sangat kecil ;Cuma ada yang menarik ;Naiknya harga minyak bumi , mulai
diproduksinya ULSD (Ultra Low Sulfur Diesel Fuel) tahun 2006 yang cuma
15 ppm Sulfur & "Biodiesel Fever" yang bisa membuat "renewable energy"
yg ramah lingkungan & memanfaatkan surplus kedelai/soybean
disana;membuat pandangan masyara disana mulai berubah...

Sebuah lembaga research automitve yg sangat terkenal,Ricardo
;memprediksikanĀ  terjadinya "booming" pemakaian mobil diesel disana ;
bahkan dalam hanya 8 tahun di prediksi penjualan mobil diesel akan
naik 23 x lebih !!!!
(dari 43 000 unit tahun 2004 menjadi 1 000 000 unit tahun 2012) ;
Selengkapnya baca :
http://www.greencarcongress.com/2005/06/ricardo_predict.html#more

Hal ini terasa fantastis mengingat "American Culture" yang tidak
menyukai mobil diesel (dengan segala alasan) ;

Perkembangan teknologi mobil diesel yang sangat maju membuat mobil
diesel bisa menyaingi mobil bensin dalam akselarasi ;top speed; top
power ; noise + vibration sementara dalam hal fuel economy , max
torsion & Carbondioxide emission makin meninggalkan gasoline car....

Daimler Chrysler mulai memasarkan mobil diesel baru yaitu Jeep Liberty
& Mercedez Benz E 320 CDI ke market U.S.A. ; Merc E 320 CDI bahkan
melakukan "Road Show" keliling U.S.A. dengan hasil yang bisa dibilang
"spectacular" ; menempuh jarak 100 000 kilometer ; dengan average
speed 225 km/jam & average fuel consumption 1 lt : 21 km (4,75 lt
untuk 100 km)!! selama 30 hari non stop .........;

Bila masyarakat negeri "Uncle Sam" mulai berubah.......;Tentunya
faktor Lingkungan hidup & perkembangan teknolgi yg sangat meningkatkan
perfomance mobil diesel sangat berperan ; tapi diluar itu semua "Fuel
Economy" menjadi prioritas yang semakin hari semakin penting & penting ;
Apakah masyarakat negeri kita juga akan berubah ???

Dept.Energi & SDM memperkirakan dengan laju produksi minyak bumi
sekarang minyak bumi disini akan habis dalam 17 tahun ; padahal tiap
tahun kebutuhan bbm naik 7-10 % ; jadi mungkin cuma 12-14 tahun lagi
sumur minyak di bumi Indonesia mulai kering...........;Sudah bukan
waktunya ber "boros" ria lagi.....

Sorry buat yang tak berkenan/koreksi kalau ada yg salah/OOT

Regards

Hino