Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Friday, September 30, 2005

Membuang Angin Palsu Mesin Diesel

Subject: [panther-mania] Membuang Angin Palsu Mesin Diesel
Date: Thursday 29 September 2005 14:41
From: "Firman Gunadi"

Masuk angin tidak hanya bisa menimpa tubuh manusia. Tapi juga mesin
diesel. Sama seperti yang dirasakan manusia, masuk angin membuat tak
nyaman. Saat mesin diesel masuk angin misalnya, mesin akan sulit
dihidupkan. Ketika dioperasikan, mesin juga terasa kurang tenaga.

Menurut Saian, Technical and Training Staff Emergency Roadside
Assistance (ERA) AstraWorld, ini memang kasus yang biasa dikeluhkan
pemilik mesin diesel. "Pengendara kerap menyebutnya dengan angin
palsu," katanya.

Angin palsu ini jelas harus dibuang. Sepanjang masih ada angin (udara)
palsu di dalam sistem bahan bakar, volume bahan bakar yang diinjeksi
ke ruang bakar tidak akan sesuai. Artinya, supply solar ke ruang
pembakaran kurang. Inilah yang menyebabkan mesin susah hidup, dan
terasa kurang bertenaga.

Penanganan kasus ini sangat mudah.

*      Tekan priming pump beberapa kali hingga terasa keras saat
ditekan.      
*      Start mesin sampai hidup. (Catatan: Jangan melakukan start yang
terlalu panjang. Apabila susah hidup, lakukan sambil menekan priming
pump).     
*      Setelah mesin hidup, kendorkan baut union pada injection nozzle.
Usahakan tutup baut tersebut dengan kain karena akan keluar bahan
bakar. Kendorkan baut sampai bahan bakar yang keluar melalui baut
union tidak berbusa lagi. Lakukan tindakan ini pada semua injection
nozzle.      

Apa yang menjadi penyebab masuk angin? Pada prinsipnya, ini terjadi
karena sifat angin memang selalu mengisi ruang kosong. Nah, ada tiga
hal yang paling sering menimbulkan angin palsu pada mesin diesel.

Pertama, karena pernah kehabisan bahan bakar. Bahan bakar yang minim
ini membuat angin ikut masuk ke injection nozzle. Selanjutnya, angin
tersebut mempengaruhi tekanan solar ke ruang bakar. Tekanan solar
menjadi tidak tinggi. Padahal, untuk penginjeksian, mesin diesel
memerlukan tekanan yang tinggi.

Masalah "tekanan" inilah yang paling utama membuat mesin diesel begitu
terpengaruh angin palsu. Tidak seperti mesin berbahan bakar bensin.
Meskipun mesin bensin juga bisa masuk angin, kinerjanya tidak
terpengaruh angin palsu. Sebab, penginjeksian bensin cukup dengan
tekanan antara 2,5 sampai 3 kg/cm2. Sementara solar harus di atas 180
kg/cm2.

Kedua, yang juga paling sering memicu masuk angin adalah saat
penggantian part pada sistem bahan bakar. Misalnya penggantian
saringan solar, injection nozzle dan selang-selang bahan bakar. Saat
komponen ini dibuka, angin leluasa masuk ke saluran sistem bahan
bakar.

Penyebab ketiga, pembuangan air di penampungan air (water sendimeter).
Sama seperti prinsip di atas, saat air terbuang, udara akan
menggantikannya masuk ke priming pump.

Dengan demikian, jelas bahwa langkah-langkah untuk menghindari masuk
angin adalah dengan memperhatikan sebab-sebab di atas, yaitu:
*      Sebaiknya isi kembali solar sebelum garis pertama tanda E
(empty).      
*      Lakukan penggantian komponen sistem bahan bakar di bengkel.
Sebab, teknisi di bengkel akan sekaligus melakukan pembuangan angin
palsu saat penggantian.      

Beruntung, kemajuan teknologi diesel terbaru sudah mengatasi problem
ini, yaitu dengan diaplikasikannya teknologi EFI pada mesin diesel.
Sekalipun masuk angin, pengendara tidak perlu melakukan tindakan buang
angin palsu. Dengan teknologi ini, mesin secara otomatis melakukan
pembuangan angin sendiri. Teknologi ini sudah diterapkan pada Kijang
Innova diesel misalnya. Juga, pada Isuzu D-MAX.

Semua kegiatan ini bukan hal sulit. Tapi, pengaruhnya dalam kenyamanan
dan keselamatan berkendara bisa sangat luar biasa.

Untuk Tips lainnya, anda bisa memeriksa di http://tips.astraworld.com

2 Comments:

  • At 6:29 AM, Blogger Awan Darmawan said…

    Trid yg bagus,mudah2an mobil sy gak masuk angin lg...

     
  • At 4:31 PM, Blogger Rudi said…

    Sy punya Isuzu Panther Hi Grade 2005, walaupun rajin mengisi solar sebelum 50% tpi kok sering masuk angin palsu. Apa penyebabnya? Mohon masukan rekan2 Panther Mania. Thanks berat. Salam. rudi_hermawanto@yahoo.com

     

Post a Comment

<< Home