Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Monday, September 19, 2005

Fuel Price Increase in U.K./OOT

Subject: [panther-mania] Fuel Price Increase in U.K./OOT
Date: Saturday 17 September 2005 07:49
From: "hinotantiyo"

Kenaikan harga BBM terjadi secara global banyak menimbulkan penolakan
diseluruh dunia ; tak terkecuali di negara yang maju & makmur seperti
U.K. ; Demo besar dibanyak negara  sebagai reaksi kenaikkan harga
bahan bakar termasuk di U.K./London; saat ini harga diesel & premium
unleaded gasoline disesuaikan  di U.K. menjadi
GBP (Great Britain Pound) 0.98 per liter atau sekitar Rp 18000 seliter

Padahal U.K. (bersama Norway/Norwegia) adalah negara penghasil minyak
utama di Eropa Barat yg produksi minyaknya masih mencukupi kebutuhan
nasional ; negara-negara EU yang lain hampir 100% kebutuhan minyak
bumi harus diimport........

Harga mahal ini (heavy tax fuel) ini disengaja supaya masyarat disana
juga makin berhemat bbm

Di banding negara-negara Eropa yang lain ;U.K. adalah termasuk yang
paling akhir dalam pengembangan mobil-mobil yg hemat bbm (mobil diesel
dalam hal ini) yang berakibat industri otomotif disana kalah bersaing
dengan produsen otomotif dari negara lain terutama Jerman,Perancis &
Jepang ;

Harga bbm yang makin mahal & kesadaran akan perlunya mengurangi emisi
Carbondioxide tampaknya merubah pandangan masyarat di U.K. untuk mulai
beralih ke mobil yang lebih efisien ; mobil diesel ;

Berikut data share penjualan mobil baru diesel di UK & EU(data diambil
dari Automotive Industry Data Newsletter) :

1999   13,8% (E.U. = 28,4%)
2000   14,1% (E.U. = 32,3%)
2001   17,8% (E.U. = 36%)
2002   23,5% (E.U. = 40,4%)
2003   27,3% (E.U. = 43,6%)
2004   32,5% (E.U. = 48,3%)

Data 2004 menunjukkan hampir 1 dari 3 mobil penumpang yg terjual di
U.K. bermesin diesel ; agak tertinggal dibanding Masyarakat
Eropa(E.U.) yang pebandingannya  hampir 1 dari 2 mobil baru yang
terjual disana bermesin diesel...

Data first six months 2005 di U.K. share penjualan mobil diesel sudah
naik lagi jadi 34,8 % !! Sedang di E.U. menjadi 49 % ; bila tidak ada
problem "diesel particulate filter shortage" di Jerman (yang
mengharuskan semua mobil diesel dilengkapi particulate filter)maka
penjualan mobil diesel baru di E.U. secara total sudah akan melebihi
versi gasoline nya (Di bandingkan dgn negara Eropa lain : Perancis
69,8% ;Jerman 42,1 % ;Italy 59,4% & Spanyol 66,7% ; U.K. memang masih
tertinggal dalam penggunaan mobil diesel tapi trend meningkat terus
dgn cepat )

Dibulan Agustus 2005 share mobil diesel di U.K.sudah 36.3%!!!

http://www.mabico.com/en/news/20050906/foreign_exchange/article46057/

E.U.  dan U.S. sama-sama punya market penjualan mobil baru sekitar 14
juta unit per tahun ; bedanya di E.U. mereka lebih care untuk membeli
mobil yang "fuel economy" nya bagus ;
Bahwa masyarakat Eropa (E.U) lebih hemat dari U.S. bisa dilihat dari
kebutuhan minyak bumi per harinya : E.U. sekitar 15 juta barrel per
hari sedang U.S. 21 juta barrel per hari ;

Beruntung masyarakat di U.K. segera "move" ke mobil diesel mengikuti
tetangga-tetangganya di Eropa ;better late than never.........

Bagaimana dengan Indonesia ?? Apakah dgn cadangan devisa yang konon
tinggal US $ 31 billions & perdapatan per capita cuma 1/20 masyarakat
E.U. kita masih terus mau berboros ria ??

0 Comments:

Post a Comment

<< Home