Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Friday, September 30, 2005

FT Syn diesel fuel & diesel masa depan (diesel HCCI)

Subject: [panther-mania] FT Syn diesel fuel & diesel masa depan (diesel HCCI)
Date: Thursday 29 September 2005 10:02
From: "aandysh"

Dear pak Hino & rekan rekan ;

Mungkin udah ada yg baca mengenai konsep mesin HCCI (Homogeneous
charge compression ignition) yaitu mesin dengan efisiensi setara
mesin diesel tetapi dengan emisi NOx yg serendah mesin bensin &
particulate yg dihasilkan amat sgt rendah.

Penelitian thd mesin HCCI yang menggunakan bahan bakar FT Syn diesel
fuel dikatakan memiliki efisiensi yg sgt tinggi :

"Over the past three years, this project has sought to acquire a
fundamental understanding of HCCI combustion. Results obtained from
the single-cylinder experiments have shown that fuel properties have
a great effect on HCCI combustion and that choice of the correct fuel
plays a crucial role in reducing the required intake air temperature
and increasing power density. The most promising fuel tested to date
is Fischer-Tropsch (F-T) naphtha. This fuel results in low levels of
NOx and particulate emissions, provides double the power output as
diesel fuel (on HCCI operation), and operates at ambient intake
temperatures."

Mesin HCCI dapat dibuat dengan Compression ratio di bawah mesin
diesel yg kita gunakan skg., proses pembakaran internal yg lebih
dingin, maka seharusnya basic mesin HCCI lebih mudah & murah dibuat,
serta dapat menggunakan material ringan spt aluminium alloy.

Keuntungan lain juga tidak mutlak membutuhkan pelumas yg spesifikasi
yg tinggi, wong operating tempraturenya juga nggak setinggi mesin2
konvensional.

Tetapi yang mahal justru disain intake manifold serta fuel injection
system, karena BBM dikabutkan spt mesin bensin (sebelum klep masuk),
proses pengabutan harus sempurna, juga timing pengabutan sgt crucial
di sini, bahkan ada konsep mesin HCCI yg menggunakan heater pada
intake manifold agar BBM benar2 bercampur rata dengan udara.

So dalam hal ini mekannisme variable valve timing macam VVT / VANOS
spt. nya mutlak dibutuhkan bagi mesin HCCI.

Keuntungan lain adalah mesin HCCI bersifat "Omnivora", dapat meminum
segala jenis bahan bakar, baik bensin, solar, biodiesel, gasohol,
BBG, CNG & juga mustinya minyak tanah serta avtur. (ada di
greencarcongress.com)

Ada pendapat lain ? Monggo......

salam

Andy

0 Comments:

Post a Comment

<< Home