Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Wednesday, August 03, 2005

Petro-diesel,Bio-diesel & Syn-Diesel /OOT

Subject: [panther-mania] Petro-diesel,Bio-diesel & Syn-Diesel /OOT
Date: Wednesday 03 August 2005 10:58
From: "hinotantiyo"

Harga minyak bumi mencapai record baru US$ 62 per barrel ; dengan
harga semahal itu ,harga bahan bakar diesel bisa mencapai lebih dari
US $ 75 per barrel ;Makanya pemerintah menaikkan lagi harga solar
untuk industri
menjadi Rp 5480 per liter !!!! mahal sekalee...........;Semua Industri
mulai menjerit................
Berikut kondisi bahan bakar diesel & alternatifnya ;

1.Petrodiesel ;
disini dikenal sebagai solar ; di kilang dari minyak bumi ;
Indonesia punya cadangan minyak bumi potensial sebesar 8,6 milliar
barrel & cadangan terbukti nya sekitar 6,1 milliar barrel ; Konsumsi
dalam negeri sekitar 400 juta barrel per tahun ; Jadi cadangan minyak
bumi disini bisa untuk 15-20 tahun lagi bila konsumsi nya flat seperti
sekarang ; atau 12-15 tahun lagi jila konsumsinya naik terus........;
Ada 7 pengilangan minyak disini (Pangkalan
Berandan,Plaju,Dumai,Balongan,Cilacap,Balikpapan & Sorong) dengan total
kapasitas penyulingan 1,05 juta barrel per hari ;
Kilang ke-8 ; Tuban sedang di bangun dan akan menyuling minyak dari Cepu
& Jeruk(Madura) yang baru ditemukan;akan menambah produksi minyak bumi
di Indonesia sekitar 200 ribu barrel per hari (sangat beruntung bisa
menambah "nafas" sebelum kehabisan bbm);
Diesel merupakan bagian yang paling banyak dipakai untuk industri
&transportasi dengan memakai sekitar 45 % dari total produk minyak
bumi yang diperlukan..........

2.Biodiesel ;
Termasuk Bio Fuel ;sekarang mulai popular di banyak negara ; Di U.S.
paling banyak dibuat dari minyak kedelai (soybean oil) ; di Eropa
dibuat dari minyak biji canola( Rape seed Oil) ; di India dibuat dari
minyak biji Jarak (Jatropha oil) ; Tapi semua produk diatas masih
kalah jauh dalam efisiensi per luas lahan dibanding biodiesel yang
dibuat dari minyak kelapa sawit (CPO) ; suatu produk yang melimpah di
indonesia (15 juta ton tahun 2005 ; 41 % world-market share & No.2 di
dunia) ; Biodiesel dari CPO bisa menghasilkan 4-6 x lebih banyak per
satuan hektar lahan bila dibanding komiditi lain & bisa dipanen
sepanjang tahun.............;
Dan Indonesia paling berpotesi untuk menjadi No.1 dalam beberapa tahun
mendatang kalau dilihat dari potensi lahan & tenaga kerja ; bahkan
memungkinkan punya market share lebih dari 50% bila dikembangkan
dengan serius...........; Biodiesel dari sawit yang dihasilkan pada
skala industri-besar bila didukung oleh pemerintah bisa mengshasilkan
biodiesel yang harganya lebih murah dari harga petrodiesel/solar
sekarang (Rp 5480/lt) dan kurang dari separuh harga biodiesel yang
dihasilkan negara Eropa atau U.S. dengan kualitas yang "excellent"
(zero aromatics,zero Sulphur content & cetane number 50-65).....
Dalam hal potensi biodiesel dari sawit saja Indonesia punya potensi
yang sangat besar & sulit ditandingi negara lain ; belum biodiesel
dari minyak Jarak (nusatenggara) atau kelapa(terutama sulawesi) yg
juga melimpah di Indonesia..............
Saat ini (2005) dihasilkan 3 juta ton biodiesl didunia dengan 70%
diantaranya dihasilkan negara-negara Eropa terutama Jerman,Perancis &
Italia

3.Syn-Diesel
Syn-Diesel dikenal sebagai synthetic diesel fuel  atau juga
Fischer-Tropsch  diesel fuel ;
Mulai banyak dikembangkan karena makin mahal & langka nya sumber
minyak bumi ;Sumbernya bisa dari Gas Alam (Gas to Liquid Syn-Fuel),
batubara (Coal to Liquid Syn-Fuel) dan bahan/sampah organics(Biomass
to Liquid Syn Fuel);
Sayangnya proses pembuatannya masih rumit & mahal ;teknologi yang
dipakai dikembangkan dari penemuan 2 ilmuwan Jerman lebih dari 80
tahun yg lalu (Fischer & Tropsch) tetapi dilupakan orang karena
ditemukan minyak bumi dalam jumlah sangat besar & ekonomis...
Mahalnya harga minyak bumi membuat banyak raksasa minya mulai melirik
alternatif ; diantaranya Royal Dutch Shell ;
Produksi skala raksasa  Syn-Diesel Fuel dari Natural Gas akan segera
terealisir pada suatu proyek raksasa di Qatar yang memang kaya akan
Gas Alam ;
Produksi skala raksasa Syn-Diesel Fuel dari Coal/batubara juga akan
segera terealisir pada proyel milliar dollar di China (yang tiap tahun
mengasilkan 2000 juta ton batu bara) ; bahkan negeri yang punya
cadangan devisa lebih dari US $ 750 billons itu sudah membuat target
ambisius untuk menghasilkan 1,2 juta barrel syn-fuel per hari dari
batubara.........& dengan devisa sebesar itu biaya tidak akan jadi
masalah buat negara yang "paling rakus" bbm itu...........;
Produksi dari biomass (dalam skala lebih kecil) banyak dikembangkan di
negara Eropa (terutama Jerman) & Jepang.............;Dari semua negara
industri ;Jerman (yang memang "biang"nya diesel) tampak yang paling
serius & maju dalam pengembangan biomass to liquid syn-fuel ini.....

Bagaimana dgn potensi Indonesia ??? Indonesia punya cadangan gas 188
TCF (trillions cubic feet) dan merupakan salah satu eksportir gas alam
paling penting didunia ; Dengan tingkat produksi 3 TCF per tahun maka
cadangan gas itu akan cukup untuk lebih dari 60 tahun........;
Cadangan Batubara lebih fantastis lagi ; konon antara 50-70 milliar
ton (Kalau kebetulan ke Sumatera Selatan atau Kalimantan ;maka tanah
yg kita injak didalanya ada batubara nya.....) dengan pemakaian cuma
135 juta ton per tahun ;itupun 75% di export ; Sayangnya 70% batubara
yang ada masih masih kategori batura "muda" yg punya kalor bakar
rendah & tidak punya "export value" yang bagus ;Tapi justru dengan
banyaknya batu bara yang kurang punya export value inilah dimungkinkan
adanya "value added" dengan mencairkannya & memprosesnya jadi Syn-Fuel
(terutama Syn-Diesel)....Dengan sumber yang melimpah,harga bisa
ditekan jadi lebih ekonomis........

Kualitas Syn-Diesel ?? diantara ketiga type diatas harus diakui "Syn
Diesel" is the best............;Syn Diesel punya Cetane Number 74
dan kadar aromatics,sulfur,nitogen & ash 0% sangat menurunkan kadar
polutan Particulate,NOx,CO,CO2 secara signifikan sekali (Pada
Biodiesel kadar Particulate,CO,CO2 juga turun tapi NOx agak naik) ; Di
Eropa mobil yang lolos Euro 3 bisa lolos regulasi Euro 4 bila pakai
Syn-Diesel tanpa modifikasi apapun !!!!!

Potensi Indonesia sangat besar (kita sangat beruntung) untuk
mengembangkan energi alternatif buat pengganti solar kita yang jorok &
& (akan) makin......cuma upaya harus segara dimulai sebelum sumur
minyak bumi disini benar-benar kering..............

Sorry Pak Moderator panjang banget/OOT ; koreksi kalau salah.......

Regards

Hino

0 Comments:

Post a Comment

<< Home