Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Tuesday, August 30, 2005

Mercedes Catat Sukses Besar

MERCEDES Benz patut bangga karena pekan lalu perusahaan pembuat mobil
terkemuka dunia yang bermarkas besar di Stuttgart, Jerman, itu mencatat dua
sukses besar. Tiga unit E320 CDI membukukan catatan rekor sebagai sedan
bermesin diesel yang paling irit di dunia. Selain itu, Mercedes Benz juga
memperkenalkan E420 CDI yang tercatat sebagai mobil penumpang bermesin diesel
yang memiliki torsi yang terbesar di dunia.

PENGUKIRAN rekor E320 CDI sebagai sedan yang menggunakan mesin diesel yang
paling irit di dunia itu dilakukan di Amerika Serikat. Setelah diuji selama
30 hari tanpa henti (nonstop) di sirkuit yang berbentuk oval sepanjang 8
kilometer di Laredo, Texas, ketiga unit Mercedes Benz E320 CDI melakukan
perjalanan ke Tallahassee, Florida. Perjalanan ke Tallahassee yang berjarak
1.672 kilometer itu ditempuh ketiga unit E320 CDI yang berada dalam keadaan
standar itu tanpa melakukan pengisian bahan bakar. E320 CDI hanya
mengandalkan 80 liter solar, yang merupakan kapasitas maksimum yang dapat
ditampung dalam tangki bahan bakarnya.

Itu berarti E320 CDI hanya memerlukan 4,75 liter solar untuk melakukan
perjalanan sejauh 100 kilometer. Atau dengan 1 liter solar, E320 CDI dapat
menempuh perjalanan sejauh 21 kilometer. Rekor yang dibukukan oleh Mercedes
Benz E320 CDI itu disertifikasi oleh Klub Mobil Amerika Serikat (USAC), yang
bertindak atas nama FIA.

Bersamaan dengan iritnya konsumsi bahan bakar, E320 CDI juga membuktikan
keandalan filter partikelnya yang bebas perawatan dalam menjaga emisi tetap
bersih selama uji coba tanpa henti selama 30 hari.

Keandalan filter partikel dalam menyaring partikel sisa pembakaran mesin
diesel yang sudah dibuktikan dalam berbagai uji coba di laboratorium dan di
jalan raya itu kembali dibuktikan oleh Mercedes Benz melalui perjalanan jauh
yang dimonitor dari hari ke hari.

Di bawah pengawasan USAC, ketiga unit E320 CDI yang dibiarkan dalam keadaan
standar dikendarai dari Laredo, yang terletak di perbatasan Houston (Texas)
dengan Meksiko, Lake Charles, Baton Rouge, Mobile, dan sampai di Tallahassee.
Pada saat perjalanan yang melintasi lima negara bagian, yakni Texas,
Louisiana, Mississippi, Alabama, dan Florida, tangki bahan bakar di ketiga
unit E320 CDI yang masing-masing dipenuhi 80 liter bahan bakar disegel.
Peralatan yang digunakan untuk memonitor uji coba tersebut juga dikalibrasi.

Hasilnya seperti yang telah disebut di atas, yakni ketiga mobil itu dapat
menempuh perjalanan sejauh 1.672 kilometer. Rekor ini jauh lebih baik
daripada rekor sebelumnya yang juga sudah baik, yang dibukukan dalam berbagai
kondisi alam di bagian tengah Eropa, yakni 7,3 liter per 100 kilometer.
Dengan kata lain, E320 CDI menggunakan 1 liter solar untuk melakukan
perjalanan sejauh hampir 14 kilometer.

SEMENTARA itu, dalam uji coba di sirkuit oval di Laredo, Texas, ketiga unit
E320 CDI memecahkan rekor tersendiri setelah menyelesaikan perjalanan sejauh
160.934 kilometer tanpa problem apa pun. Keberhasilan ketiga unit itu dalam
memecahkan rekor sekaligus membuktikan keandalan E-Class. Setiap pemecahan
rekor mencakup 20.000 putaran, pengujian mesin, suspensi, komponen
elektronik, dan yang terpenting struktur bodi. Sebagai tambahan terhadap 22
rekor internasional yang dibukukan di kelasnya, E320 CDI mencatat rekor dunia
dengan menempuh perjalanan sejauh 80.467 kilometer dengan kecepatan 225,456
kilometer per jam, 100.000 kilometer dengan kecepatan 225,903 kilometer per
jam, dan 160.934 kilometer dengan kecepatan 224,623 kilometer per jam.

Seluruh mesin diesel yang terpasang pada seluruh produk Mercedes Benz pada
prinsipnya dapat dilengkapi dengan teknologi filter partikel yang membuat gas
buang sisa pembakaran itu memenuhi standar emisi EU-4. Mulai dari mesin
diesel yang terpasang pada A160 CDI yang menghasilkan 82 PK sampai mesin
diesel yang menghasilkan 314 PK yang terpasang pada E420 CDI.

Mulai musim panas 2005, bulan Juni mendatang, 40 model CDI Mercedes Benz di
Jerman, Austria, Belanda, Swiss akan dilengkapi dengan teknologi itu sebagai
perlengkapan standar. Sebuah filter partikel akan disediakan sebagai
perlengkapan optional bagi 35 model bermesin diesel di pasar mobil diesel
lain.

Dalam musim rontok 2003 (sekitar bulan September), Mercedes Benz adalah
perusahaan pembuat mobil pertama di dunia yang menawarkan filter partikel
yang memenuhi standar emisi EU-4. Hal itu menjadikan mobil-mobil Mercedes
Benz yang menyandang mesin diesel mulai dilirik di AS.

MERCEDES Benz E420 CDI yang akan masuk ke pasar pada musim rontok 2005
(sekitar bulan September) menarik untuk disimak karena mobil itu akan
merupakan mobil penumpang yang memiliki torsi yang terbesar di dunia, yakni
730 Nm. Dengan torsi sebesar itu, E420 CDI sanggup berakselerasi dari 0-100
kilometer per jam hanya dalam waktu 6.1 detik. Suatu angka yang luar biasa
bagi sebuah mobil yang menyandang mesin diesel. Kecepatan maksimum yang dapat
dicapai E420 CDI adalah 250 kilometer per jam.

Konsumsi bahan bakarnya 9,3 liter per 100 kilometer untuk pengendaraan
gabungan (dalam dan luar kota, jalan raya), atau 1 liter bahan bakar dapat
digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh hampir 11 kilometer.

E420 CDI juga dilengkapi oleh perlengkapan yang menjadi standar mobil unggulan
(flagship) di antara mobil-mobil yang bermesin diesel, yakni filter partikel
yang bebas perawatan, persneling otomatik dengan 7 tingkat kecepatan, dan
suspensi udara AIRMATIC.

Mesin 8 silinder dalam konfigurasi V (V8) itu mencapai torsi maksimumnya
sebesar 730 Nm pada 2.200 rpm. Kemampuan itu menjamin fleksibilitas E420 CDI
dalam upaya mendahului mobil lain yang berada di depannya, akselerasi yang
cepat pada jarak sedang, dan pengendaraan yang santai pada gigi persneling
yang lebih tinggi. E420 CDI hanya memerlukan waktu 5,4 detik untuk
mengembangkan kecepatan dari 60-120 kilometer per jam pada gigi 3.

Mesin diesel V8 Mercedes Benz yang baru dilengkapi dengan dua catalytic
converter yang bertugas menyempurnakan gas buang yang tidak terbakar dengan
sempurna, dan sebuah filter partikel yang bebas perawatan. Mesin itu
dilengkapi dengan sensor untuk mengecek ketinggian, temperatur, dan kualitas
oli. Sebuah indikator di dashboard akan mengingatkan pengendara kapan
pergantian oli harus dilakukan. Meskipun rentang waktu penggunaan oli itu
sangat ditentukan oleh bagaimana mobil tersebut dikendarai, akan tetapi
pergantian oli setiap 40.000 kilometer itu masih berada dalam rentang waktu
yang ditetapkan bagi E420 CDI.

Mesin diesel 8 silinder CDI baru itu untuk pertama kali dipasangkan pada E420
CDI yang akan diluncurkan pada bulan September mendatang. Mesin tersebut juga
akan tersedia bagi model mobil penumpang Mercedes Benz lain di masa
mendatang. (JL)

Url : /otomotif/news/0505/26/175139.htm

0 Comments:

Post a Comment

<< Home