Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Monday, July 18, 2005

Isuzu & GM

Subject: [panther-mania] Isuzu & GM / OOT
Date: Thursday 14 July 2005 10:18
From: "hinotantiyo"
To: panther-mania@yahoogroups.com

Pernah dengar hubungan antara Isuzu dgn General Motors ?? Pada tahun
1971 32,4 % saham Isuzu di beli GM ;seiring dengan makin buruknya
kondisi financial Isuzu ; kepemilikan GM naik terus menjadi 49% pada
tahun 1999 ;Pada masa itu kerugian Isuzu makin besar.....
"cohabitation" ini berjalan untuk seluruh dunia ; Isuzu men supply
mesin diesel untuk perusahaan dalam grup GM (Chevrolet,Saab,Holden
dll) pada saat bersamaan mobil Isuzu di pasang mesin gasoline (untuk
market Amrik)
dan dipasarkan disana (Isuzu Ascender,Rodeo,Axiom dll)

Tititk balik terjadi tahun 2000 an ; kebangkitan penjualan mobil
diesel secra global membuat kondisi jadi berubah secara
revelusioner.......

Isuzu (Poland) yang buat mesin diesel sangat sukses dalam penjualan
mesin diesel kecil untuk market Eropa ; Isuzu ( Thailand ) mengalami
"booming" penjualan single & double cab(s) dan menguasai 25% market
share mobil disana .....; Harga saham Isuzu naik dari cuma Yen 50 per
saham (2002) jadi Yen 345 per saham (2004) ;

Padahal pada saat yang bersamaan saham GM masuk kelas "Junk" (sampah) ;
karena performa finasial turun terus...........;

Secara gradual Isuzu lalu membeli lagi "share"nya dari GM; tahun 2002
share GM tinggal 12% ; tahun 2004 turun lagi jadi 9% dah rencana tahun
2007 saham GM di Isuzu sudah 0%

Drastis memang ; bahkan dalam kondisi kesulitan finansial seperti
sekarang ada harapan agar Isuzu ganti bisa menyelamtakan GM !!!!

Isuzu dilain pihak profit & total sales nya naik terus 3 tahun
berturut-turut ; menguasai market truck & bus secara global ;
Diluar itu penjual D-Max secara global sudah mencapai angka yang
fantastis ; ditargetkan 320 000 unit per tahun !!
Isuzu Thailand - punya performa yang luar biasa; D-Max sudah menjadi
global best seller D-cabs sementara MU 7 mulai dipasarkan sebagai
"genuine SUV" from Isuzu (tanpa keterlibatan GM) sekarang sudah no.3
di Thailand dibawah Fortuner..........;

Dampak buat Isuzu di Indonesia ?? berpisahnya GM dgn Isuzu membuat
Isuzu harus men "develop" mobil sendiri (tanpa kerjasama dengan GM
lagi seperti pada Panther Kapsul) ........Akankah lebih baik ???

Dari keberhasilan Isuzu Thailand tampaknya Isuzu lebih sukses kalau
jalan sendiri / tanpa bantuan GM...........;

Apakah ini karena GM kurang cepat bereaksi pada perubahan market mobil
yang cenderung lebih hemat energi (hybrid,diesel) ??

Apakah juga pertanda makin "sunset" industri mobil gasoline
konvensional ???

Dari berbagai sumber/maaf kalau ada yg kurang berkenan/koreksi kalau salah

Regards

Hino

0 Comments:

Post a Comment

<< Home