Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Friday, June 03, 2005

Panther-Mania-Tips

Boosting performance Paket Hemat:
1. Ganti filter udara dgn type wiremesh freeflow + oli mesin jahit 200rb
2. Ganti main muffler dgn type freeflow double galvanis ex Tiger 280; 450rb,
atau ganti sekalian header manifold
3. Fuel additive: Power21, STP, PF, Redline (20rb per tank)
4. Oli multi viscosity synthetic: 25-35 rb/ltr
5. Purge (dengan Liqui Moly)
6. Stelan mesin
7. Driving style

Driving Style:
* Untuk Panther manual, shift persnelling ke gigi yang lebih tinggi pada RPM
2000 - 2500. Sedangkan shift persnelling ke gigi yang lebih rendah dilakukan
pada RPM < 1500.
* Apabila ingin berakselerasi, injak pedal gas secara 'diurut'. Jangan
menghentak atau terlalu dalam waktu menginjak pedal gas, karena tidak
bermanfaat (yang keluar cuma asap cumi-cumi) dan memboroskan bahan bakar.
* kalau bisa shift perseneling ke gigi yang lebih tinggi dilakukan very fast,
akan lebih terasa lagi tarikannya :-)�* Pada saat tanjakan terjal dan panjang
gunakan gigi rendah dengan kecepatan dan rpm konstan, tidak perlu memaksakan
rpm tinggi toh kecepatan yang dicapai tidak jauh�ebih tinggi, justru
memboroskan solar dan mobil anda ngasepin kendaraan dibelakangnya alias
ngebul...... :-)
* Untuk lebih hemat lagi gunakan selalu engine brake. Memang perlu sedikit
latihan dengan�engurangi penggunaan rem. Nanti akan ketemu sendiri
'celahnya'.�ijamin mobil anda irit Solar dan kanvas rem....

Alternatif selain servis injector ialah Interject Service
===============================================
Daripada service Injector, harus bongkar Injector, mobil ditinggal seharian
kenapa nggak Interject Service aja? Lebih praktis dan injector & nozzle
bersih semua.
Interject Service (IS) tuh prosesnya mirip Carbon Clean, tapi IS hasilnya jauh
lebih "manjur".
Tempat IS:
Jaktim, Jalan Pulomas VIIB No. 22, 47 86 39 64 & 0816 117 1183
Jakbar, Sigma Motor, Jalan Kemanggisan Raya No. 4, 53 24 830
Jaksel, Jalan Taman Radio Dalam II No. 14, 72 79 17 71 & 0818 764 704

Engine Flush:
Yang dimaksud dengan engine flush adalah membilas mesin, supaya kotoran
(sludge & serbuk2 logam hasil gesekan piston, dll ) yang ada ikut terbuang.
Biasanya dilakukan setiap 10.000 km sekalian ganti filter oli.
Caranya (yang saya lakukan) :
1. Campurkan Engine Flush (merk bisa macam2 : DCS, Bardahl, STP, Wynns, dll -
harganya sekitar 30.000 ukuran sekaleng bir) ke dalam oli mesin.
2.�idupkan mesin 15 menit. Lalu matikan mesin
3. Buang oli lama.
4. Semprot dengan kompresor (biar sisa oli keluar semua) tapi nozle / ujung
kompresor harus ditutup dengan kain paling nggak rangkap 2 supaya uap air
dari kompresor nggak masuk ke ruang oli.
5. Masukkan oli baru (mis: SHDP) 1 liter (hanya untuk membilas saja)
6. Nyalakan mesin sebentar saja (sekitar 1 menit) , supaya oli baru
tersirkulasi. Lalu matikan mesin
7. Buang oli + filter oli
8. Semprot lagi dengan komprosesor.
9. Pasang filter oli baru + masukkan oli baru

Tips utk baut pembuangan oli karter mesin, transmisi & Gardan pada
saat ganti oli :
1. Bawalah degreaser spray (merek bebas) atau sekaleng kecil minyak tanah.
(Degreaser lebih praktis).
2. Pada saat baut dilepas utk mengeluarkan oli, semprot baut dengan degreaser
sampai bersih.
3. Tiup dengan angin kompressor
4. Beri Teflon tape, yang biasa digunakan utk men seal pipa2 air.
5. Pasang kembali baut
Dijamin nggak akan bocor.
--
rgds,

Wahyu
http://www.satelkom.com
http://www.telesindo.com

10 Comments:

  • At 6:28 PM, Blogger felix said…

    saya mau tanya mas Wahyu;
    berapa power max Panther 2300cc/ TBR 52 dan torsi max-nya??
    akselerasinya dari 0-100km/h, butuh berapa detik ya??
    bagaimana cara meningkatkan top speed panther tbr 52??brp batas amannya?
    berapa top speed standart panther tbr 52 dan tbr 541?
    apa memang akselerasi panther TBR 52 masih kalah dengan kijang 1500cc/ kf 40??
    terima kasih atas jawabannya, Mas. kalau bisa di Reply di bonie_09@yahoo.co.id

    ---Felix--

     
  • At 11:21 AM, Blogger Esson said…

    buat panther mania, yang mau mobilnya lebih irit pake additiv merek IGOL, bisa 1:16 km, aku udah coba, di bandung ada yg pake katanya bisa 1:18 km. harganya lumayan, bukan hanya irit tapi membersihkan kotoran dalam tangki solar. Harga 1 kaleng 150.000 itu di pake selama 15.000 km.

    untuk Oli mesin pake Igol Trans Turbo 9, membuat mobil lebih bertenaga.

     
  • At 9:40 PM, Blogger Kang Guru said…

    Saya mo tanya nich.
    bisakah si kucing Sporty dirombak kaki2 nya, biar kasus melayang dan oleng gak lagi terasa ? Kira2 apa lagi dan bagaimana ? soal sock depan yang gas dan belakang yang oil, karet2, tie rod dan long tie rod, spooring dan balancing dah semua, tapi tetap melayang dan oleng tuch. Barangkali temen2 ada yang punya ide, bisa reply ke sini ya : den_aha@indo.net.id
    Terima kasih

     
  • At 1:18 PM, Blogger prapto said…

    saya juga nanya ni, panther LM tahun 2001 kalu dipakai jarak krg lebih 20 Km indikator temperatur kok udah nyampai setengah, apanya yang harus di perhatikan, air radiator dan cooland juga sdh saya ganti

     
  • At 1:20 PM, Blogger prapto said…

    apa yang harus mendpatkan perawatan berkala dengan tertip untuk pemakai panther ????????

     
  • At 4:39 PM, Blogger Rudi said…

    This comment has been removed by the author.

     
  • At 4:43 PM, Blogger Rudi said…

    Mau tanya, sy punya Panther Hi Grade 2005, sy sllu mengisi solar full sebelum 50%, tpi kenapa mobil sering sekali kemasukan angin palsu? Apa penyebabnya & bgmna solusinya? Sy juga sllu mengganti filter solar & filter oli setiap 2 x ganti oli. Trmksh atas bantuan pengasuh. Mohon jawaban kalau bisa di reply ke : rudi_hermawanto@yahoo.com

     
  • At 2:50 PM, Blogger Ontel Cross said…

    mas wahyu, mobilku panther 1997 (karosesi 'jadi kayak pajero'). untuk ban saya pake pelex R15 ban 235/75, setiap kali mao belok kiri/kanan dengan patah abies selalu bunyi gruduk-gruduk....padahal semua kaki-kaki depan join+ball join smuanya baru. tolong segera d reply yach...(cross.ontel@gmail.com)..trims

     
  • At 12:32 PM, Blogger Fahmi Furkan said…

    Dear all,

    Salam kenal panther mania,

    Untuk menjadi member club panther mania diwajibkan byr registrasi 200rb yaa..? mhn tanggapannya...TQ Amy

     
  • At 8:27 AM, Blogger dendi bangun said…

    mau ganti manifold elf ni, karena turbo rusak (mahal banget kalo beli) substusi pake manifold panther bisa ya? info donk harga manifold panther non turbo, elf mw dicopot turbonya..
    reply di dnd_men@yahoo.co.id

    salam...Dendi

     

Post a Comment

<< Home