Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Friday, June 03, 2005

Oli

Apakah yang dimaksud dengan oli yang bagus?

Parameter oli yg umum dilihat biasanya diukur dari:
Viscosity Index: makin tinggi angka VI suatu oli, oli tsb. akan makin mampu
menghadapi perlakuan extrem (tekanan, tempratur tinggi) molekulnya nggak
mudah breakdown.

Flash point: temprature tertinggi dimana oli tetap dalam kondisi baik sebelum
mengalami breakdown, makin tinggi Flaspoint makin OK.

TBN number: Total Base Number, Base (basa) diperlukan oleh oli mesin diesel
utk menetralisir senyawa sulfur yg terjadi akibat kandungan sulfur dlm solar.
satuannya adalah mg/KOH. kalau nggak salah utk mobil bensin TBN sekitar 6-7
sedang utk mesin diesel bisa 9 - 10 (CMIIW).

API Service / ACEA rating: API Service / ACEA rating yg lebih baru menuntut
kemampuan oli utk menjaga mesin tetap bersih / meninggalkan makin sedikit
sludge / endapan pada mesin (erat kaitannya dng kandungan deterjen pada oli).
kriterianya apa saja bisa dilihat di www.lubrizol.com bagian knowledge (isi
form dulu, baru bisa masuk).

Utk mesin diesel ACEA rating dilihat dari hurup depannya:
E - utk mesin2 diesel hevay duty purpose (menaik beban) macam truk / bus /
heavy equipment. misalnya E3-96 atau E4-98 dll.
B - utk high speed / light duty diesel engines. misal : B3-96 / B4-98

Mercedes standard, dilihat dari 3 angka depan;
228.x utk mesin heavy duty purpose (spt E rating pada ACEA)
229.x utk mesin diesel high speed / light duty (spt B rating pada ACEA)

API Service bila terdapat angka -4 di belakangnya (CF-4 atau CH-4) menandakan
aplikasi utk low emission engine, dmana menggunakan solar dengan kandungan
sulfur rendah. bisa dilihat di www.lubrizol.com

http://www.leszekknorps.republika.pl/oleje.html

Oli mesin:
1. Aral Extra Turboral 10W-40 <-- enak bgt., tapi mahal boo !! :-(
2. Igol Process B4 SAE 10W-40
3. BP Visco 3000 SAE 15W-40 (udah langka) <-- cukup value for money
4. Pentosin Diesel SAE 10W-40 (udah sgt langka, sisa stock di TODA saya yang
ngabisin :-D) <-- kalau ada lagi dengan harga 30 rebu / l, sgt
direkomendasikan.
5. Elf Turbodiesel 15W - 40 (ini oli diesel semi synth. yg value for money)
<-- RECOMMENDED, harga 28 rb / l.
6. Igol Symbol Ceramic 15W-40 (ACEA E)
7. Fina Kappa Ultra 15W-40
8. Fina Gold First 5W-30 ACEA E (CMIIW)
9. Repsol U.H.P.D. (ACEA E)
10. Shell Helix Diesel Plus 10W - 40 <-- ~40rb/ltr
11. Shell Helix Diesel Super <- 23rb/ltr

Alternative lain oli semi synthetic (semuanya 15W-40) yg value for money :
BP Visco Diesel 3000
Fina Kappa Ultra
ELF Turbodiesel

Transmission oil:
Automatic: Shell Donax TX Synthetic Dexron III <-- cukup value for money
Manual: Shell Helix Super bensin (botol kuning) 55rb/2L

Oli gardan:
Aral Hyp 85W-90 Oil 90rb/2L

Additif:
Redline 85 plus (1 botol 10x pakai)
Powerfuel Elnusa (1 ltr 275 rb, bisa diantar)
15 ml utk 60 ltr, Herman/Siswanto (0815 8815 899)

Angka TBN (Total Base Number) adalah angka untuk menunjukkan kandungan Basa
dalam pelumas.

Basa diperlukan utk menetralisir asam yg terjadi akibat sulfur yg dibawa oleh
solar, terutama yg tak terbakar sempurna dan masuk ke daerah crankcase /
terbilas oleh oli di cylinder liner.

Seperti diketahui bahwa solar yg kita konsumsi adalah solar yg kaya dengan
sulfur.

Utk keperluan hal tsb. pastikan bahwa oli yg kita gunakan mempunyai angka TBN
at least 10,5 mg / KOH

Oli oli yang memiliki TBN tinggi biasanya ditandai dengan API Service yang
tidak memiliki angka 4 di belakangnya spt CF, CG, CH sedang API Service yg
ada angka 4 di belakangnya spt CH-4 lebih diarahkan utk konsumsi solar yg low
sulphur.

Utk itu saya juga hendak meralat & memberitahukan bahwa oli semacam Caltex
Delo Gold dengan TBN 9,5 mg / KOH lebih diarahkan utk solar low sulphur,
sedang utk di Indonesia lebih cocok delo CXJ dengan TBN number 14 mg / KOH
(14 something).

Mediteran SX : 11,92 mg / KOH (layak) Fina Kappa Ultra sekitar 14-an mg / KOH.

So oli oli mesin diesel modern / high performance dengan API Service CG-4 /
CH-4 tetapi tidak ada tulisan CG / CH (tanpa angka 4 di belakangnya) harap
hati - hati, karena bisa saja TBN numbernya di bawah 10 mg / KOH.

Kalau kombinasi CH-4 / CH / CG / CF itu oke.

Aral Extra Turboral & Pentosin Diesel semi synth. 10W-40 masih memiliki API
Service CF (TBN nya tinggi).

Yg saya masih penasaran dengan spec. nya yaitu Igol Process B4, karena oli ini
sebetulnya termasuk low emission diesel oil (belum pernah lihat data TBN
numbernya).

Kasus khusus :
Utk mobil2 diesel tahun lama, apalagi mileage nya sudah jauh, idealnya
menggunakan oli hanya yang ber - TBN tinggi.

Utk mobil diesel yang "not properly tuned" dimana banyak mengeluarkan asap
knalpot (pertanda banyak unburned fuel) juga better menggunakan oli ber TBN
tinggi dan interval penggantian oli harus diperpendek.

Tetapi utk mesin2 diesel yg properly tuned, dimana pembakaran yang terjadi
sangat baik (ditandai dengan asap knalpot yg tipis / sangat tipis), logikanya
lebih flexible dalam penggunaan oli, dapat menggunakan oli yang ber TBN
sedang, atau bila menggunakan oli ber TBN tinggi, interval penggantian oli
dapat diperpanjang.

Logikanya bahwa mobil2 diesel yang menggunakan either pemanas solar atau Rizor
Maximizer dapat menikmati interval penggantian oli yang lebih panjang dan
flexible dalam pemilihan oli.

Hal inilah yang terjadi di LS 25 AT saya pernah sekali waktu si oli Elf
Turbodiesel 15W-40 terpaksa jalan sampai 7000 KM lebih sedikit, dan ketika
oli dibuang, terlihat kondisi oli masih cukup oke.

Apa yang terjadi bila kita terpaksa menggunakan oli bensin utk mesin diesel ?

Nggak masalah, asal interval ganti olinya diperpendek.......nggak perduli
apakah oli bensin tsb. Fully Synthetic atau just mineral based, kalau TBN nya
rendah (7 something), interval harus diperpendek.

1 Comments:

  • At 12:21 PM, Blogger Oli IGOL said…

    Cari oli IGOL?
    Hubungi kami di oliigol@rocketmail.com
    untuk specs dan price list
    Harga bersaing! Kualitas terjamin!
    Atau kunjungi kami di Facebook dengan oliigol@rocketmail.com

     

Post a Comment

<< Home