Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Wednesday, June 08, 2005

Body miring, bagian mana yang mesti di cek ?

Alo bung Fajar...
 
Saya pernah punya pengalaman bodi Ispan miring...jangan buru2 salahkan per...
Pertama selain cek cacat chasis juga tolong cek apakah ketinggian torsi depan kiri dan kanan sudah sama? Kalo mau hasilnya prima, periksa juga rubber bushingnya, apakah yang didepan dan dibelakang (di A-arm suspensi depan atas dan lengan bawah, di stabiliser depan dan di per belakang). Beli yang asli lebih baik, soal pasang bisa sendiri atau di tukang per (kecuali utk A-arm depan dan lengan bawah hrs dipres).
 
Lalu ukur ketinggian torsi, cara yang paling gampang adalah dengan mengukur dan menyamakan jarak bibir spatbor dengan bibir bawah velg (4 posisi)...utk New Royale, Grand Royal, Royal, Deluxe, Grand Deluxe, Standar, HiGrade 2300cc velg 14 angkanya berkisar 59 - 60 cm. Kalo utk HiGrade 2500cc, Sporty dan HiSporty, karena bodinya diganjal dan velgnya 15 tentu berbeda...dari velg aja sdh nambah 0,5 inch (= 1,3 cm) belum ganjalnya...bisa dicek di Astra Isuzu nih...
 
Cek ulang...apa masih miring...lalu spooring...kadang2 cambernya mati...yang dilakukan bengkel spooring utk mengejar camber, biasanya mereka turunkan torsinya, karena memang Ispan bukan Kijang yang lengan bawahnya punya baut eksentrik, maka yang perlu dilakukan adalah memutar fulcrum di A-arm, yang tadinya sisi luar menjadi didalam, tukang suspensi/spooring sebenarnya tahu masalah ini...cuman males karena hrs melepas baut penahan rumah shock absorber depan dan melonggarkan baut A-arm, memutar fulcrum dan mengencangkan ulang dan memasang lagi semuanya...
 
Jadi don't worry...klo soal bodi miring, asal chasis bener paling2 soal torsi dan fulcrum di mobil anda...
 
Itu sharing saya, semoga bermanfaat...salam,
 
Bambang Adi Pratignjo - D1850CA - Bandung


mf412nb <mf412nb@yahoo.com> wrote:
sejak kapan miring bgitu Om? apa pernah tabrakan? kalo diliat dr depan apa miring juga? mgkn cuma silap mata.......coba ukur dulu pake waterpass sapa tau lantainya yg miring :))


--- In panther-mania@yahoogroups.com, "Fajar" <fajar-hardi@t...> wrote:
> Mau nanya nih, mobil saya kalo dilihat dari belakang kok kayak agak miring ke kiri saat ditaruh pada tempat yang rata? Padahal shock absorber ndak ada masalah. Apakah pegas daunnya yang ada masalah? Perlu ganti total atau apa bisa cuma direpair dan bisa tahan lama ? (di roll ulang )
>
> Thks


Discover Yahoo!
Have fun online with music videos, cool games, IM & more. Check it out!

Yahoo! Groups Links

Subject: Re: [panther-mania] shockbreaker stopper..
Date: Wednesday 08 June 2005 08:24
From: Bambang Adi Pratigjo

--- In panther-mania@yahoogroups.com, "Fajar" <fajar-hardi@t...> wrote:
> Mau nanya nih, mobil saya kalo dilihat dari belakang kok kayak agak miring
> ke kiri saat ditaruh pada tempat yang rata? Padahal shock absorber ndak ada
> masalah. Apakah pegas daunnya yang ada masalah? Perlu ganti total atau apa
> bisa cuma direpair dan bisa tahan lama ? (di roll ulang )

Alo bung Fajar...

Saya pernah punya pengalaman bodi Ispan miring...jangan buru2 salahkan per...
Pertama selain cek cacat chasis juga tolong cek apakah ketinggian torsi depan
kiri dan kanan sudah sama? Kalo mau hasilnya prima, periksa juga rubber
bushingnya, apakah yang didepan dan dibelakang (di A-arm suspensi depan atas
dan lengan bawah, di stabiliser depan dan di per belakang). Beli yang asli
lebih baik, soal pasang bisa sendiri atau di tukang per (kecuali utk A-arm
depan dan lengan bawah hrs dipres).

Lalu ukur ketinggian torsi, cara yang paling gampang adalah dengan mengukur
dan menyamakan jarak bibir spatbor dengan bibir bawah velg (4 posisi)...utk
New Royale, Grand Royal, Royal, Deluxe, Grand Deluxe, Standar, HiGrade
2300cc velg 14 angkanya berkisar 59 - 60 cm. Kalo utk HiGrade 2500cc, Sporty
dan HiSporty, karena bodinya diganjal dan velgnya 15 tentu berbeda...dari
velg aja sdh nambah 0,5 inch (= 1,3 cm) belum ganjalnya...bisa dicek di
Astra Isuzu nih...

Cek ulang...apa masih miring...lalu spooring...kadang2 cambernya mati...yang
dilakukan bengkel spooring utk mengejar camber, biasanya mereka turunkan
torsinya, karena memang Ispan bukan Kijang yang lengan bawahnya punya baut
eksentrik, maka yang perlu dilakukan adalah memutar fulcrum di A-arm, yang
tadinya sisi luar menjadi didalam, tukang suspensi/spooring sebenarnya tahu
masalah ini...cuman males karena hrs melepas baut penahan rumah shock
absorber depan dan melonggarkan baut A-arm, memutar fulcrum dan
mengencangkan ulang dan memasang lagi semuanya...

Jadi don't worry...klo soal bodi miring, asal chasis bener paling2 soal torsi
dan fulcrum di mobil anda...

Itu sharing saya, semoga bermanfaat...salam,

Bambang Adi Pratignjo - D1850CA - Bandung

0 Comments:

Post a Comment

<< Home