Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Monday, June 13, 2005

4 JJ 1-TC vs 2KD FTV

Subject: [panther-mania] 4 JJ 1-TC vs 2KD FTV
Date: Monday 13 June 2005 15:59
From: "hinotantiyo"

Dear All ;
Negara Thailand sudah mulai menyiapkan untuk regulasi Euro III ;Hal
ini membuat banyak pabrik mobil disana; Isuzu termasuk yang juga
melakukan revisi pada mesin D-Max nya ; Mesin 4JA1 T (2500 cc seperti
mesin Panther) diganti 4JK 1-TC dan mesin versi 3000 cc nya (4JH 1 T)
diganti
dengan 4 JJ 1-TC ;
Yang menarik mesin-mesin baru Isuzu ini sudah mengadopsi mesin diesel
turbo commonrail generasi ke -3 dengan tekanan injeksi 1800 Bar !!!
(Bandingkan dengan C 223 yang sekitar 135 Bar & 4 JA 1T yang sekitar
185 bar);
Bisa baca di website sbb:
http://www.isuzu-tis.com/eng_model/cab4/006.htm

Bagaimana dengan di Indonesia ??? Rencana regulasi Euro 2 (untuk mobil
diesel paling lambat 2007) bersamaan dipasarkannya "Low Sulfur"Diesel
Fuel ;mengharuskan Isuzu "do something" dengan mesin 4JA 1/4JA 1 T yang
sudah hampir 9 tahun dipasang pada Isuzu Panther ;Bila mengacu pada
Thailand maka satu-satunya alternatif(paling ngga sampai sekarang)
cuma mesin 4JK 1 TC ;
Konon dibanding saingannya yang lebih dulu dipasarkan; 2 KD FTV ;
Dari segi teknologi 4JK 1 sudah mengadopsi turbo commonrail generasi
ke 3 (1800 bar) dibanding 2KD FTV masih pakai turbocommonrail generasi
ke 1 (1350 bar);
Dari segi Fuel Economy (pemakaian kombinasi) 4JK 1 TC juga lebih
unggul dengan 18-19 km/lt dibanding dengan 2KD FTV yang 15-16 km/lt;
Dari segi tenaga ; 4 JK 1 TC punya max power 116 dk sedang 2KD FTV
punya max power 102 dk;
Dari segi kebisingan : 4JK1 TC= 47 decibel ;2KD FTV = 49 decibel ;
(Bandingkan dengan yg Panther sekarang 57 decibel)
Berarti dari semua item diatas 4JK1 TC lebih baik dari 2KD FTV

Masalahnya harga teknologi turbocommonrail cukup mahal ;
Akankah mesin ini jadi dipasang di "All New Panther" ??
Dari berbagai sumber.....;
Cuma pendapat pribadi/tolong dikoreksi kalau salah

Regards

Hino

0 Comments:

Post a Comment

<< Home