Panther Mania

Forum komunikasi bagi sesama pengguna Isuzu Panther, sekaligus sebagai tempat untuk bertukar informasi sekitar produk Panther.

Thursday, May 26, 2005

Bio Diesel & Solar


Subject: [panther-mania] Re: Bgmn cara menghitung nilai Cetane?
Date: Wednesday 25 May 2005 09:56
From: "hinotantiyo"
To: panther-mania@yahoogroups.com

Memang Net Heating Value dari Diesel Fuel lebih besar 7-10% dari
Biodiesel ; High Sulfur & Aromatics Diesel Fuel (seperti di Indonesia)
punya net heating value sekitar 132000 Btu/gallon ; Low Sulfur &
Aromatics Diesel Fuel(seperti di Eropa) punya net heating value
sekitar 130000 Btu/gallon sedang Biodiesel punya net heating value
sekitar 120000 Btu/gallon;
Sebagai pembanding Gasoline punya Net Heating Value 115000 Btu/gallon;
bb diesel berkadar aromatics tinggi masih punya "net heating value"
paling tinggi karena senyawa aromatics memang punya "net heating
value" lebih tinggi dari senyawa lainnya (Napthana,Paraffin & Olefin)
tapi punya Cetane Number paling rendah & specific grafity paling
tinggi (jadi cenderung gampang mengendap jadi deposit) ;
Di banyak negara maju bersama dgn"desulfurication" ;senyawa aromatics
ini di hidrogenasi menjadi senyawa Naphtana dalam suatu reactor ;
prosesnya dikenal sbg "hydrotreating" ;

Biodiesel memang punya net heating value lebih rendah tapi punya
kelebihan sbb :
1.Daya lubrikasi lebih baik ;sehingga gesekan atau friksi antar logam
sangat berkurang ; akibatnya tenaga yang tersalur akan lebih baik &
besar
2.Cetane Number lebih besar ; Palm Biodiesel secara teoritis bisa
punya CN 55-65 ; jadi pembakaran akan terjadi lebih cepat & baik...;
bisa di check dari emisi CO(Carbon monoxide) & Particulate yg jauh
lebih rendar ; jadi pembakaran dimesin berlangsung lebih baik........
3.Biodiesel juga bersifat sbg solvent yang mampu
"membersihkan"saluran bahan bakar sehingga aliran bahan bakar akan
lebih lancar sehingga pembakaran dimesin bisa lebih sempurna...

Seandainya kita pakai B 20 (20% Biodiesel) berarati hasil "mixed'
80% solar & 20% biodiesel akan punya "net heating value"(bila dihitung
secara stoichiometric) 2% lebih rendah dari pemakaian solar murni ;
Bila faktor 1,2 & 3 masih lebih dominan dari penurunan yang 2% tadi;
Maka secara "fue economy" pemakaian B 20 masih menghasilkan pemakaian
bbm yang lebih efisien.............;

Bila persentase biodiesel terlalu besar ; ada dampak bahwa penurunan
net heating value akan lebih dominan dari ke-3 faktor diatas ;
akhirnya secara fuel economy jadi turun........

Cuma pendapat pribadi....

Regards

Hino

0 Comments:

Post a Comment

<< Home